Sabtu, 26 Desember 2015

21 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Lengkap!

Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah
Sejarah adalah suatu peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau yang disusun secara berdasarkan berbagai peninggalan dari peristiwa tersebut serta tidak boleh untuk melupakan sebab tanpa adanya sejarah tidak akan ada zaman seperti sekarang ini. Pengertian sejarah secara Etimologi, kata sejarah sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu sajaratun (syajaroh) yang memiliki arti silsilah atau pohon. Asal mula dari istilah sejarah digunakan dalam literatur bahasa Indonesia dengan memakai beberapa variasi. Banyak yang mengakui dan berpendapat bahwa istilah sejarah berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu historia sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan history yang memiliki arti "yang terjadi".

Pengertian sejarah secara umum yaitu suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang segala peristiwa yang pernah terjadi pada masa lampau yang ada dalam kehidupan. Pengertian sejarah dalam arti luas yaitu sejarah adalah ilmu yang membahas tentang kejadian atau suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia dengan melalui bukti secara tertulis seperti kitab atau dokumen kuno dan juga secara lisan seperti tradisi secara turun temurun serta mitos, bukti yang berupa benda seperti artefak dan prasasti dan juga monumen sejarah. Sejarah juga mempelajari mengenai peristiwa dan waktu. Dengan demikian, adanya masalah waktu menjadi peran penting dalam mempelajari sebuah peristiwa. Para sejarawan biasanya dalam mengatasi masalah waktu dengan cara membuat sebuah periodesasi.

Ilmu sejarah merupakan ilmu penting bagi kehidupan selain matematika dan biologi. Dalam sejarah terdapat 3 aspek, antara lain : masa lampau, masa sekarang, serta masa mendatang. Pada masa lampau akan dijadikan sebagai suatu titik tolak untuk masa mendatang sehingga nilai dari sejarah tersebut mengandung pelajaran nilai dan moral. Pada masa sekarang, ilmu sejarah dipahami oleh generasi penerus sebagai sumber untuk menuju kemajuan dalam kehidupan. Peristiwa yang sudah pernah terjadi pada masa lampau menunjukkan mengenai kehidupan manusia serta kebudayaannya sehingga akan membuat hubungan sebab akibat mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi dalam kehidupan zaman itu, meskipun tidak juga setiap peristiwa akan tercatat dalam sejarah.

Sejarah akan terus menerus berkesinambungan sehingga membentuk rentang peristiwa yang panjang. Oleh sebab itu, sejarah mencakup :
1) Masa lalu dilukiskan berdasarkan dengan urutan waktu (kronologis).
2) Ada hubungannya dengan sebab akibat suatu peristiwa.
3) Kebenarannya memiliki sifat subjektif sebab masih perlu adanya penelitian yang lebih lanjut guna mencari kebenaran yang bersifat hakiki.
4) Peristiwa sejarah terdapat 3 aspek, yaitu masa lampau, masa sekarang, serta masa yang akan datang.

Pengertian Sejarah Menurut Istilah
1) Bahasa Inggris, kata sejarah (History) sendiri berasal dari kata Historia yang mempunyai arti masa lampau.
2) Bahasa Arab, kata sejarah disebut sajaratun (syajaroh) yang memiliki arti pohon dan keturunan, maksudnya pada saat membaca silsilah raja akan tampak seperti pohon dari yang terkecil hingga berkembang menjadi besar, maka sejarah diartikan sebagai silsilah keturunan para raja yang memiliki arti peristiwa pemerintahan keluarga raja yang ada pada masa lampau.
3) Bahasa Yunani, kata sejarah disebut istoria yang memiliki arti belajar. Sehingga sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang membahas tentang peristiwa, kejadian yang pernah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.
4) Bahasa Jerman, kata sejarah disebut geschichte yang memiliki arti sesuatu yang telah terjadi di masa lampau kehidupan manusia.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
  1. Moh. Hatta
  2. Sejarah dalam wujudnya dapat memberikan pengertian mengenai masa lampau. Sejarah bukanlah hanya sekedar melahirkan kriteria dari kejadian pada masa lalu sebagai sebuah masalah. Sejarah bukan sekedar hanya kejadian pada masa lalu, namun pemahaman masa lampau yang terkandung didalamnya berbagai dinamika, mungkin seperti berisi problematik pelajaran untuk manusia berikutnya.
  3. Muhammad Yamin
  4. Muhammad Yamin berpendapat bahwa pengertian sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan berbagai peristiwa yang dapat untuk dibuktikan dengan bahan kenyataan.
  5. Nugroho Notosusanto
  6. Sejarah merupakan berbagai peristiwa yang ada hubungannya dengan manusia sebagai makhluk yang bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau.
  7. Taufik Abdullah
  8. Taufik Abdullah berpendapat bahwa pengertian sejarah ialah tindakan manusia yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu pada masa lalu di tempat tertentu.
  9. Drs. Sidi Gazalba
  10. Sejarah merupakan masa lampau manusia serta seputarnya yang disusun dengan ilmiah dan juga lengkap yang meliputi urutan-urutan fakta masa tersebut dengan penjelasan yang memberi pemahaman tentang apa yang berlaku.
  11. Rochmawati Wiriatmaja
  12. Sejarah merupakan disiplin ilmu yang menjanjikan kebijaksanaan, kultural, nilai-ilai spritual, etika, serta moral karena kajiannya yang mempunyai sifat memberikan sebuah pedoman kepada keseimbangan hidup, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan, harmoni dalam nilai-nilai, serta menjadi sebuah cerminan pengalaman kolektif yang dapat menjadi sebuah kompas untuk kehidupan yang akan datang.
  13. Moh. Ali
  14. Sejarah ialah keseluruhan perubahan serta berbagai macam kejadian yang telah terjadi. Sejarah merupakan suatu ilmu yang menyelidiki tentang berbagai perubahan yang benar pernah terjadi pada masa lampau.
  15. Ismaun
  16. Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari kisah tentang berbagai peristiwa yang benar pernah terjadi atau berlangsung di masa lampau. Sejarah adalah rekaman atau catatan pilihan yang disusun secara teliti mengenai aspek kehidupan manusia pada masa lampau.
  17. Aristoteles
  18. Menurut Aristoteles berpendapat bahwa pengertian sejarah yaitu satu sistem yang mempelajari kejadian yang sejak awal tersusun ke dalam bentuk kronologi. Sejarah merupakan sebuah peristiwa yang terjadi pada masa lalu yang memiliki catatan, rekod-rekod atau sebuah bukti yang konkrit.
  19. J.V. Bryce
  20. Sejarah adalah catatan dari apa yang telah diperbuat, dipikirkan, serta dikatakan oleh umat manusia.
  21. W.H. Walsh
  22. Sejarah menitikberatkan kepada pencatatan yang memiliki sebuah arti dan penting saja bagi umat manusia. Catatan tersebut dapat meliputi berbagai jenis tindakan serta pengalaman umat manusia pada masa lampau dengan berbagai hal yang penting sehingga menjadi sebuah cerita yang berarti.
  23. Roeslan Abdulgani
  24. Ilmu sejarah merupakan ilmu mempelajari dan meneliti secara sistematis keseluruhan perkembangan manusia pada masa lampau beserta dengan berbagai kejadian dengan maksud untuk selanjutnya dinilai dengan kritis seluruh hasil penelitian tersebut, untuk kemudian dijadikan sebagai perbendaharaan pedoman untuk penentuan serta penilaian keadaan sekarang ini dan arah proses bagi masa depan.
  25. Patrick Gardiner
  26. Sejarah merupakan suatu ilmu yang mempelajari dan meneliti tentang apa yang telah diperbuat oleh umat manusia.
  27. Herodotus (The Father of History)
  28. Sejarah merupakan satu kajian guna menceritakan sebuah perputaran jatuh bangunnya seorang tokoh, masyarakat, serta peradaban.
  29. Robin Winks
  30. Sejarah ialah suatu studi mengenai manusia dalam kehidupan masyarakat pada masa lampau.
  31. Leopold Von Ranke
  32. Pengertian sejarah menurut Leopold Von Ranke adalah apa yang benar-benar telah terjadi.
  33. Ibnu Khaldun
  34. menurut Ibnu Khaldun berpendapat bahwa pengertian sejarah merupakan sebuah catatan mengenai peradaban dunia atau umat manusia, tentang berbagai perubahan yang terjadi pada watak masyarakat tersebut.
  35. Sir Charles Firth
  36. Sejarah merekam kehidupan umat manusia, berbagai kondisi material yang telah membantu perkembangannya, berbagai ide yang membatasi aksi masyarakat, serta perubahan masyarakat yang terjadi terus menerus.
  37. Rober V. Daniels
  38. Sejarah merupakan sebuah kenangan dari tumpuan masa lampau. Sejarah yang dimaksud adalah sejarah manusia. Manusia ialah pelaku sejarah. Manusia mempunyai kemampuan dalam menangkap berbagai kejadian yang ada. Hasil tangkapan tersebut akan menjadi ingatan dalam dirinya. Ingatan tersebut yang menjadi sumber sejarah.
  39. R. G. Collingwood
  40. Sejarah merupakan suatu bentuk penyelidikan mengenai berbagai hal yang pernah dilakukan umat manusia pada masa lampau.
  41. Thomas Carlyle
  42. Pengertian sejarah menurut Thomas Carlyle merupakan sebuah peristiwa pada masa lampau yang mempelajari tentang biografi orang terkenal. Mereka merupakan seorang penyelamat pada zamannya. Mereka juga merupakan orang yang besar yang dicatat sebagai peletak dasar sejarah tersebut.


Itulah 21 pengertian sejarah menurut para ahli. Alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian sejarah tersebut sebelum mempelajari ilmu sejarah lebih dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar